Asal
mula bisnis waralaba dalam jejaring penyelenggaraan pelayanan sosial di Amerika
Serikat dapat ditelusuri ke belakang ke tahun 1960-an, ketika medicare dan
medicaid melembagakan pembiyaan dana kepada panti-panti asuhan, rumah sakit,
dan pusat-pusat kesehatan jiwa untuk menyelenggarakan pelayanan-pelayanan
kesejahteraan sosial.
Lembaga-lembaga
waralaba semacam itu sekarang telah didirikan di berbagai bidang yang meliputi
perawatan rumah, manajemen rumah sakit, pemeliharaan kesehatan, pengasuhan
anak, pengasuhan seumur hidup, dan koreksi.
Perluasan
organisasi-organisasi waralaba dalam jejaring penyelenggaraan pelayanan sosial
adalah luar biasa. Jumlah korporasi pelayanan kemanusiaan meningkat menjadi 66 pada
tahun 1985, hampir dua kali lipat dalam empat tahun.
Pada
tahun 1985, pemasukan dari kedua korporasi tersebut melampaui sumbangan United
Way yang $2,6 milyar.
Profil
ketenaga kerjaan kedua korporasi itu menunjukkan bahwa keduanya mempekerjakan
lebih dari 80.000 karyawan, jauh lebih banyak daripada jumlah karyawan kesejahteraan
publik negara bagian dan lokal di semua negara bagian di Amerika Serikat
(Stoesz, 1989, h. 104 dalam DuBois & Miley, h. 82).