Macam-Macam Perkembangan Pendidikan Profesi Pekerjaan Sosial

Para pemimpin terdahulu dalam masyarakat organisasi amal dan gerakan rumah pemukiman menyadari bahwa pendidikan formal adalah suatu prasyarat bagi keberhasilan lahirnya profesi.

Akan tetapi ada debat yang serius apakah fokusnya pada “pelatihan” atau pada pendidikan berbasis universitas (Pumhprey & Pumhprey, 1961, dalam DuBois & Miley, 2005: 47).

Mary Richmond mendukung pembentukan sekolah-sekolah pelatihan yang secara langsung diafiliasikan dengan badanbadan filantropis, program-program pelatihan yang lebih menekankan praktikalitas daripada teori-teori akademik (Costin, 1983).

Program pertama semacam ini ialah kursus pelatihan selama enam minggu yang dilaksanakan pada musim panas tahun 1898 oleh Masyarakat Organisasi Amal New York.

Ini diformalisasikan menjadi program pelatihan selama setahun melalui Sekolah Filantropi New York pada tahun 1904.

Dalam merespons kepada tuntutan akan para pekerja sosial terlatih, program-program pekerjaan sosial dikembangkan di kota-kota lain.

Di Chicago, kepemimpinan dalam usahausaha pendidikan awal datang dari Graham Taylor dari rumah pemukiman Chicago Commons dan Julia Lathrop dari Hull House.

Ketika Chicago School of Civics and Philanthropy menjadi School of Social Service Administration, yang berafiliasi dengan Universitas Chicago, usaha pendidikan ini menjadi yang pertama yakni pendidikan pekerjaan sosial dimasukkan dalam suatu struktur universitas koedukasional utama (Costin, 1983).

Program-program universiats menekankan pemahaman teoritik dan pengalaman praktis.

Pengakuan bahwa standard-standard umum harus diterapkan kepada program-program pendidikan bersamaan dengan pengembangan kurikulum.

Semula, American Association of Schools of Social Work, yang diorganisasikan pada tahun 1919, membimbing kebijakan kurikulum (Lowy, Bloksberg, & Walberg, 1971).

Pada tahun 1952, asosiasi ini, yang berfokus pada pendidikan professional pada level strata dua, bergabung dengan National Association of Schools of Social Administration, yang mempromosikan pendidikan pekerjaan sosial strata satu, untuk membentuk Dewan Pendidikan Pekerjaan Sosial Amerika Serikat (Council on Social Work Education, CSWE).