Para
pemimpin terdahulu dalam masyarakat organisasi amal dan gerakan rumah pemukiman
menyadari bahwa pendidikan formal adalah suatu prasyarat bagi keberhasilan
lahirnya profesi.
Akan
tetapi ada debat yang serius apakah fokusnya pada “pelatihan” atau pada
pendidikan berbasis universitas (Pumhprey & Pumhprey, 1961, dalam DuBois
& Miley, 2005: 47).
Mary
Richmond mendukung pembentukan sekolah-sekolah pelatihan yang secara langsung
diafiliasikan dengan badanbadan filantropis, program-program pelatihan yang
lebih menekankan praktikalitas daripada teori-teori akademik (Costin, 1983).
Program
pertama semacam ini ialah kursus pelatihan selama enam minggu yang dilaksanakan
pada musim panas tahun 1898 oleh Masyarakat Organisasi Amal New York.
Ini
diformalisasikan menjadi program pelatihan selama setahun melalui Sekolah Filantropi
New York pada tahun 1904.
Dalam
merespons kepada tuntutan akan para pekerja sosial terlatih, program-program
pekerjaan sosial dikembangkan di kota-kota lain.
Di
Chicago, kepemimpinan dalam usahausaha pendidikan awal datang dari Graham
Taylor dari rumah pemukiman Chicago Commons dan Julia Lathrop dari Hull House.
Ketika
Chicago School of Civics and Philanthropy menjadi School of Social Service
Administration, yang berafiliasi dengan Universitas Chicago, usaha pendidikan
ini menjadi yang pertama yakni pendidikan pekerjaan sosial dimasukkan dalam
suatu struktur universitas koedukasional utama (Costin, 1983).
Program-program
universiats menekankan pemahaman teoritik dan pengalaman praktis.
Pengakuan
bahwa standard-standard umum harus diterapkan kepada program-program pendidikan
bersamaan dengan pengembangan kurikulum.
Semula,
American Association of Schools of Social Work, yang diorganisasikan pada tahun
1919, membimbing kebijakan kurikulum (Lowy, Bloksberg, & Walberg, 1971).
Pada
tahun 1952, asosiasi ini, yang berfokus pada pendidikan professional pada level
strata dua, bergabung dengan National Association of Schools of Social
Administration, yang mempromosikan pendidikan pekerjaan sosial strata satu,
untuk membentuk Dewan Pendidikan Pekerjaan Sosial Amerika Serikat (Council on
Social Work Education, CSWE).