Macam-Macam Keterampilan Di Pekerja Sosial

Relasi profesional antara klien dan pekerja sosial adalah jantung dari praktek pekerjaan sosial. Kemampuan pekerja sosial untuk mengembangkan relasi kerja meningkatkan efektivitas dan kesadaran diri interpersonal.

Para pekerja sosial harus memiliki keterampilan-keterampilan dalam mengkomunikasikan empati, ketulusan, kepercayaan, penghormatan, dan dukungan.

Keterampilan-keterampilan komunikasi. Keterampilanketerampilan komunikasi lisan dan tulis yang baik adalah benar-benar sangat penting.

Keterampilan-keterampilan wawancara adalah vital karena proses dasar pekerjaan sosial adalah pertukaran informasi. Para pekerja sosial harus mampu mendengarkan dengan penuh pemahaman dan memberi tanggapan yang memiliki tujuan tertentu.

Kompetensi dalam melakukan presentasi lisan meningkatkan kemampuan para praktisioner dalam bekerja dengan kelompok, organisasi, dan masyarakat. Kompetensi untuk dapat menulis secara jelas dan ringkas meningkatkan efektivitas pekerja sosial dalam memelihara catatan-catatan, menulis laporan, dan menulis proposal.