Stimulus
dan Motivasi Berwirausaha di Bidang Kerajinan Tekstil Saat ini keragaman
tekstil tradisional Indonesia serta keragaman budaya khas daerah merupakan
potensi untuk terjadinya akulturasi (percampuran) budaya yang dapat menjadi
dasar penciptaan karya-karya tekstil baru yang akan menambah kekayaan tekstil
Nusantara.
Nilai
estetika kain tekstil Indonesia sangat unik dan khas sehingga diminati tidak
hanya oleh kalangan pecinta kerajinan tekstil di Indonesia namun juga di
mancanegara. Hal itu merupakan peluang wirausaha di bidang tekstil dan produk
dari tekstil seperti busana dan perlengkapan interior.
Kebutuhan
masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan sandang dan produk kerajinan pelengkap
kebutuhan sandang merupakan peluang yang dapat digarap dan mendorong munculnya
bisnis kreatif industri rumahan.
Produk
kerajinan yang tersebar di seluruh pelosok wilayah Nusantara memiliki potensi
untuk dijadikan peluang berwirausaha. Apalagi bila didukung dengan ketersediaan
bahan baku produk dan kemampuan sumber daya manusia yang ada di wilayah
tersebut, kerajinan tekstil akan dapat membantu kesejahteraan rumah tangga dan
perekonomian daerah tersebut.
Salah
satu kekuatan produk kerajinan tekstil adalah pada keunikan ragam hias, corak
dan warna yang berbeda dihasilkan dari tiap wilayah yang berbeda. Kearifan
lokal dan nilai budaya yang kental pada suatu produk kerajinan mem-buatnya unik
dan mudah digemari oleh masyarakat umum. Hal ini mendorong dan memotivasi
kemandirian ekonomi dengan memanfaatkan potensi produk kerajinan.