Macam-Macam dan Contoh Protein dari Daging

Yang termasuk golongan ini adalah, daging sapi, daging kambing, daging babi, daging ayam, dan bagian-bagian dari tubuh hewan tersebut seperti otak dan jeroan. 

Protein yang terdapat dalam daging hewan ini susunannya hampir sama dengan susunan protein yang terdapat dalam tubuh manusia.

Sebagai makanan, daging memberikan protein setara lemak. Jumlah lemak yang terdapat dalam dging tergantung pada jenis hewan dan iklim ditempat hewan itu hidup. 

Daging babi misalnya, lebih banyak mengandung lemaka dari pada daging sapi. 

Hewan-hewan yang hidup didaerah yang berklim dingin umumnya lebih banyak mengandung lemak jika dibandingkan dengan hewan-hewan yang hidup didaerah yang beriklim tropis.

Satu hal yang mempengaruhi jumlah protein yang dapat diambil tubuh dari bahan makanan ini ialah adanya jaringan-jaringan. Ikat dalam daging sehingga enzim tidak dapat msuk keseluruh bagian sel-sel daging untuk memecah protein agar dapat diserap oleh usus.

Pemasakan daging dengan temperatur yang cukup akan memperbaiki daya cerna protein ini. 

Tetapi sebaliknya apabila dimasak terlalu lama dengan temperatur yang terlalu tinggi akan menyebabkan daging itu menjadi lebih sukar dicerna. Kadar protein dalam macam-macam daging dapat dilihat

Jenis daging Kadar protein Kadar lemak Daging sapi kurus 20 gram 5 gram Daging sapi gemuk 19 gram 24 ram Daging babi 16 gram 16 gram Daging kambing 17 gram 10 gram Daging ayam 20 gram 5 gram Daging itik 20 gram 5 gram Dendeng daging 55 gram 9 gram Hati sapi 20 gram 4 gram.