Landasan Umum Praktek Pekerjaan Sosial Yang Diuraikan Oleh Harriet Bartlett (1970)

Landasan umum praktek yang diuraikan oleh Harriet Bartlett (1970) adalah konseptualisasi formatif dari praktek pekerjaan sosial generalis.

Bartlett mendeskripsikan fokus utama dari pekerjaan sosial ialah membantu manusia menghadapi situasisituasi kehidupan dan membantu mereka menyeimbangkan tuntutan-tuntutan lingkungan sosial mereka.

Menueut Bartlett, para pekerja sosial memiliki suatu orientasi khusus yang mencerminkan tanggung jawab mereka terhadap individu di dalam konteks situasi mereka.

Untuk bertindak berdasarkan orientasi ini, para pekerja sosial memperoleh sikap-sikap mereka terhadap manusia dari suatu badan nilai-nilai profesional dan mendasarkan pemahaman mereka akan perilaku manusia dan respons lingkungan dari suatu badan pengetahuan.

Teknik-teknik dan metode-metode praktek berasal dari landasan nilai dan pengetahuan ini.

Landasan bagi praktek generalis seperti yang diuraikan oleh CSWE (2001) dengan demikian memiliki suatu landasan tujuan, nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan-keterampilan yang generik atau umum yang dimiliki bersama oleh semua pekerja sosial.

Landasan umum ini menyatukan profesi walaupun para praktisioner pekerjaan sosial menggunakan beragam metode, bekerja dalam setting-setting yang berbeda, memiliki kelompokkelompok yang beragam sebagai klien, dan berpraktek dengan klien pada level sistem yang berbeda.

Kompleks nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan-keterampilan profesi ini mendeskripsikan mengapa, apa, dan bagaimana pekerjaan sosial