Macam-Macam Lembaga dan Asosiasi Dalam Pekerja Sosial

Suatu organisasi dicirikan oleh struktur administratif dan fungsional yang mempekerjakan orang-orang untuk mencapai tujuannya melalui kebijakan dan prosedur yang dinyatakan dan secara jelas.

Dua jenis organisasi, lembaga dan asosiasi, merupakan setting penyelenggaraan pelayanan sosial. Lembaga-lembaga tempat bekerja yang paling umum bagi pekerja sosial, memiliki struktur birokrasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Program-program lembaga pelayanan sosial dipandu oleh suau pernyataan misi (mission statement) dan mengikuti pedoman prosedur untuk mengimplementasikan pelayanannya.

Lembaga-lembaga pelayanan sosial besar menyelenggarakan beragam opsi yang lebih besar dalam bidang pelayanan tertentu.

Personalia di lembaga-lembaga pelayanan sosial besar dapat mengembangkan minat atau fokus khusus. Lembagalembaga pelayanan sosial kecil seringkali memiliki fokus pogram tunggal, dan staf di lembaga-lembaga itu, karena disain dan kebutuhan, melaksanakan berbagai fungsi dalam parameter program.

Pada semua lembaga, tantangannya ialah bekerja secara kreatif dalam struktur birokrasi untuk mencapai tujuan-tujuan klien dan menghindari kejenuhan pekerja.