Pengertian Macam-Macam Metode Group Work

Metode group work diperkenalkan ke dalam pekerjan sosial profesional pada tahun 1930-an, dan teori-teori group work berkembang pada akhir tahun 1940-an.

Group work ialah suatu metode pekerjaan sosial yang menggunakan proses-proses dan interaksi-interaksi kelompok untuk mempromosikan pertumbuhan dan perubahan. Kelompok itu sendiri ialah suatu wahana untuk berubah, dan perubahan terjadi pada beberapa level.

Dengan kata lain, pekerja sosial menggunakan struktur dan proses kelompok untuk memfasilitasi perubahan.

Kelompok-kelompok kecil ialah sumber-sumber yang signifikan bagi orang-orang yang membutuhkan untuk mengembangkan kompetensikompetensi sosial, khususnya orang-orang yang mengalami “ketidakberdayaan, keterkucilan, dan keputusasaan; yang merasa dikorbankan; merasa tidak dipahami dalam relasi manusiawi pada saat ini; dan/atau merasa tidak memadai dalam sistem-sistem yang berubah yakni ia menjadi anggotanya” (Anderson, 1979: 291, dalam DuBois & Miley, 2005: 75).

Sebagai suatu metode pekerjaan sosial, group work ialah suatu strategi yang berorientasi pemberdayaan untuk bekerja secara kolaboratif bagi perubahan individu dan memperluas penerapannya untuk bekerja dengan kelompokkelompok organisasi dan masyarakat.