Asal Mula Bisnis Waralaba Dalam Pelayanan Sosial Di Amerika

Asal mula bisnis waralaba dalam jejaring penyelenggaraan pelayanan sosial di Amerika Serikat dapat ditelusuri ke belakang ke tahun 1960-an, ketika medicare dan medicaid melembagakan pembiyaan dana kepada panti-panti asuhan, rumah sakit, dan pusat-pusat kesehatan jiwa untuk menyelenggarakan pelayanan-pelayanan kesejahteraan sosial.

Lembaga-lembaga waralaba semacam itu sekarang telah didirikan di berbagai bidang yang meliputi perawatan rumah, manajemen rumah sakit, pemeliharaan kesehatan, pengasuhan anak, pengasuhan seumur hidup, dan koreksi.

Perluasan organisasi-organisasi waralaba dalam jejaring penyelenggaraan pelayanan sosial adalah luar biasa. Jumlah korporasi pelayanan kemanusiaan meningkat menjadi 66 pada tahun 1985, hampir dua kali lipat dalam empat tahun.

Pada tahun 1985, pemasukan dari kedua korporasi tersebut melampaui sumbangan United Way yang $2,6 milyar.

Profil ketenaga kerjaan kedua korporasi itu menunjukkan bahwa keduanya mempekerjakan lebih dari 80.000 karyawan, jauh lebih banyak daripada jumlah karyawan kesejahteraan publik negara bagian dan lokal di semua negara bagian di Amerika Serikat (Stoesz, 1989, h. 104 dalam DuBois & Miley, h. 82).