Perbedaan Antara Konsumen Pelayanan Atau Lembaga-Lembaga

Dunham (1970) membedakan antara konsumen pelayanan atau lembaga-lembaga ”pelayanan langsung” dengan ”bukan pelanggan pelayanan” atau lembaga-lembaga pelayanan tidak langsung sebagai setting praktek.

Pada umumnya lembaga-lembaga kesejahteraan sosial adalah lembaga-lembaga konsumen pelayanan yang menyelenggarakan pelayanan seperti asistensi publik, pembimbingan anak, pengasuhan institusional, pelayanan kelompok, rekreasi masa atau pelayanan kesehatan (DuBois & Miley, h. 77).

Lembaga-lembaga bukan konsumen pelayanan melayani lembaga-lembaga lain atau komunitas dan tidak melayani inividual klien secara langsung.

Contoh lembaga-lembaga bukan konsumen pelayanan ialah lembaga-lembaga organisasi komunitas (RW, RT), lembaga-lembaga pemerintah yang menerbitkan kebijakan (Departemen Sosial, Dinas Sosial), dan lembaga-lembaga perencanaan (Bappenas pada level nasional, Bappeda pada level propinsi/kabupaten/kota, Biro Perencanaan pada level departemen).