Dunham
(1970) membedakan antara konsumen pelayanan atau lembaga-lembaga ”pelayanan
langsung” dengan ”bukan pelanggan pelayanan” atau lembaga-lembaga pelayanan
tidak langsung sebagai setting praktek.
Pada
umumnya lembaga-lembaga kesejahteraan sosial adalah lembaga-lembaga konsumen
pelayanan yang menyelenggarakan pelayanan seperti asistensi publik, pembimbingan
anak, pengasuhan institusional, pelayanan kelompok, rekreasi masa atau
pelayanan kesehatan (DuBois & Miley, h. 77).
Lembaga-lembaga
bukan konsumen pelayanan melayani lembaga-lembaga lain atau komunitas dan tidak
melayani inividual klien secara langsung.
Contoh
lembaga-lembaga bukan konsumen pelayanan ialah lembaga-lembaga organisasi
komunitas (RW, RT), lembaga-lembaga pemerintah yang menerbitkan kebijakan (Departemen
Sosial, Dinas Sosial), dan lembaga-lembaga perencanaan (Bappenas pada level
nasional, Bappeda pada level propinsi/kabupaten/kota, Biro Perencanaan pada
level departemen).