Faktor Berkembangnya Teknologi Elektronik

Media komunikasi dapat dipahami juga sebagai alat komunikasi. Alat komunikasi modern berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi elektronik.

Teknologi elektronik berkembang pada abad ke-20, diawali dengan penemuan Efek Edison oleh Thomas Alva Edison pada tahun 1883. Penemuan tersebut berkembang menjadi penemuan-penemuan berikutnya, telegraf tanpa kabel pada tahun 1896, komunikasi radio jarak jauh pada tahun 1901, radio penerima jarak jauh pada tahun 1918, dan televisi pada tahun 1927.

Pada tahun 1966, mesin fax yang memanfaatkan sambungan telepon dipasarkan. Pada tahun 1990-an, alat komunikasi pager (radio panggil) mulai populer digunakan di Indonesia dan kemudian menurun popularitasnya seiring dengan munculnya layanan teks sms (short messages) pada pesawat telepon.

Saat ini kita mengenal alat komunikasi modern seperti telepon dan telepon genggam atau handphone (HP), televisi, radio, serta personal computer (PC), laptop, dan computer tablet yang tersambung dengan jaringan internet, selain koran dan majalah yang juga merupakan alat komunikasi.