Peran NASW dan CSWE Dalam Pekerjaan Sosial

NASW dan CSWE sama-sama memainkan peran-peran yang vital dalam mendefinisikan misi dan tujuan profesi pekerjaan sosial dan dalam memperbaiki ketepatan kegiatan-kegiatan profesional pada beragam level praktek. Akan tetapi perubahan tidak terjadi tanpa kontroversi.

Pengakuan akan status profesional para pekerja sosial strata satu oleh NASW pada tahun 1970 dan akibat dari akreditasi program strata satu oleh CSWE pada tahun 1974 muncul setelah ada debat yang serius.

Ternyata, penerimaan para lulusan program pekerjaan sosial strata satu sebagai anggota biasa dalam NASW berhadapan dengan penolakan terbuka dan bahkan tuduhan bahwa pengakuan para pekerja sosial lulusan strata satu sebagai profesional dianggap mendeprofesionalisasikan praktek pekerjaan sosial.

Penerimaan ijazah pekerjaan sosial strata satu dan para praktisioner pekerjaan sosial strata satu menuntut profesi pekerjaan sosial mengembangkan suatu klasifikasi perbedaan tugas-tugas dan kegiatan-kegiatan profesional serta mempertegas landasan kompetensi praktek—pengetahuan, keterampian-keterampilan, dan nilai-nilai—yang harus dimiliki oleh semua pekerja sosial.