Jenis dan Macam-Macam Contoh Profesional pekerjaan sosial

Standard klasifikasi praktek pekerjaan sosial yang dikembangkan oleh Ikatan Pekerja Sosial Amerika Serikat (NASW, National Association of Sovcial Workers) menggambarkan empat level praktek pekerjaan sosial dan mengidentifikasikan tanggung jawab tugas dan landasan pendidikan sebagai berikut:

a. Level profesional dasar

Level profesional dasar (basic professional level) menyaratkan strata satu (S1) dalam pekerjaan sosial dari suatu program yang diakreditasi oleh Ikatan Pendidikan Pekerjaan Sosial Indonesia (IPPSI).

Level ini menyajikan praktek yang menyaratkan keterampilan praktek profesional, pengetahuan teoritik, dan nilai-nilai yang pada umumnya tidak diperoleh dari pengalaman kerja sehari-hari tetapi yang diperoleh melalui pendidikan formal profesional pekerjaan sosial.

Pendidikan formal pekerjaan sosial berbeda dari pembelajaran eksperiensial karena didasarkan atas pengetahuan konseptual dan teoritik tentang interaksi personal dan sosial serta atas pelatihan dalam penggunaan diri secara disiplin dalam berelasi dengan klien.

b. Level profesional pakar/ahli

Level profesional pakar/ahli (specialized/expert professional level) menyaratkan strata dua (S2) dalam
pekerjaan sosial dari satu program pekerjaan sosial yang diakreditasi oleh Ikatan Pendidikan Pekerjaan Sosial Indonesia (IPPSI).

Level ini menyajikan penguasaan teknik teraputik yang spesifik dan didemonstrasikan pada sekurang-kurangnya satu metode pengetahuan dan keterampilan, dan pengetahuan umum tentang kepribadian manusia.

Yang dipengaruhi oleh faktorfaktor sosial, serta penggunaan diri secara disiplin dalam relasi penyembuhan dengan individu-individu atau kelompok-kelompok, atau pengetahuan konseptual yang luas tentang penelitian, administrasi, atau metodemetode perencanaan dan masalah-masalah sosial.