Jenis, Contoh dan Macam-Macam Keistimewaan Sujud Dalam Shalat

Gerakan ruku’ dan sujud sebagai suatu yang sangat istimewa dan mendapat tempat dengan penyebutannya berulang-ulang dan mendapat mendapat tempat tersendiri.

Gerakan-gerakan ruku’ dan sujud hanyalah sebagian saja dari keseluruihan gerak jasmani dan gerak rohani. Meskipun demikian gerakan ruku’ dan sujud memiliki arti yang sangat penting makna kehadirannya bagi umat manusia.

Orang-orang yang menegakkan ruku’ dan sujud memang akan berbekas nyata, yang tampak. Demikian juga bekas sujud dan ruku’ hamba Allah, memberikan pantulan keimanan, raut muka tampak bening dan damai serta memantulkan cahaya wajah yang berseri.

Pada banyak ayat dalam Al Qur’an,Allah SWT memerintahkan dengan berbagai perintah memerintahkan dengan seruan “tasbih”; pada saat yang lain dengan seruan menegakkan “ruku” dan pada saat yang lain juga dititahkan “sujud bersimpuh” dihadapan Allah SWT.

Atau pada kesempatan berbeda diminta untuk memenuhi kewajiban menjalankan “shalat”. Walaupun redaksi kalimat bervariasi, namun semua sama yaitu dalam satu tujuan yaitu “beribadah kepada Allah SWT”.