Bukti dan Fakta Bahwa Allah Adalah Maha Mengetahui

Asma - ’ul h.usna - al-‘Ali-m mencerminkan sifat ‘ilmu yang berarti mengetahui. Allah Swt. mengetahui
segala sesuatu meliputi langit dan bumi.

Dia mengetahui peristiwa yang terjadi miliaran tahun silam. Dia juga mengetahui peristiwa yang akan terjadi pada masa datang. Di mana pun manusia bersembunyi, Dia pasti mengetahuinya. Tidak ada sesuatu pun yang luput dari pengetahuan- Nya.

Pengetahuan manusia sangat terbatas. Pengetahuan manusia terbatas oleh jarak dan waktu sedangkan pengetahuan Allah tidak terbatas.

Dia mengetahui apa pun yang dipikirkan dan tebersit dalam hati seorang hamba. Tidak ada yang dapat disembunyikan dari-Nya. Mungkin manusia dapat menyembunyikan sesuatu dari saudara atau temannya.

Akan tetapi, manusia tidak dapat menyembunyikannya dari pengetahuan Allah Swt. Perhatikan firman-Nya yang berbunyi seperti berikut.

Padahal Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(Q.S. al- H.ujura-t [49]: 16) Peneladanan terhadap asma-’ul h.usna - al-‘Ali-m dapat dilakukan dengan belajar bersungguh-sungguh untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan harus dicari dan tidak datang dengan sendirinya.

Setelah memperoleh ilmu pengetahuan hendaknya dimanfaatkan sebaikbaiknya. Ilmu pengetahuan yang telah Anda peroleh dapat dipergunakan untuk membangun umat dan bangsa.

Selain itu, ilmu pengetahuan merupakan sarana untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.