Tips dan Cara Memilih Telur yang Baik dan Benar

Asslamualaikum Wr.WR, buat orang tua dan Generasi Bangsa, marilah kita berlomba diri untuk memperbaiki diri demi masa depan yang cemerlang, semoga cuplikan artikel saya bisa anda untuk lebih baik lagi membimbing diri dan keluarga.amin.

Buat Ibu-Ibu atau Bapak-Bapak dan siapun yang suka memasak berikut saya kasih tips untuk memiih telur yang baik.

Sebagai berikut:

1.   Pertama Lihat Warna

Pilih telur yang warnanya lebih pekat dan cerah. Hal ini menunjukkan bahwa telur telah di produksi dengan sempurna. Cangkangnya kuat sehingga dapat melindungi isi telur dengn baik.

2.   Kedua Lihat Ukuran

Pilih telur yang kecil. Terkadang kita biasanya menilai sesuatu yang lebih besar itu lebih baik. Padahal bisa saja sebaliknya. Untuk telur yang kecil merupakan telur dari ayam muda, cangkang nya biasanya lebih tebal, tentu akan sangat berfungsi dalam melindungi isi telur.

3.   Ketiga Lihat Bentuk

Pilih telur yang berukuran Lonjong. Karena kandungan kuning telurnya akan lebih banyak dibandingkan telur yang berukuran bulat. Apa lagi untuk bahan baku kue yang terkadang hanya membutuhkan kuning telur saja, tentu ini sangat bermanfaat.

4.   Keempat Cium Aroma

Pilihlah telur yang aromanya tidak berbau busuk. Jika aromanya sudah berbau busuk tentunya telur itu sudah dalam kondisi tidak bagus lagi.

5.   Kelima Guncang

Perlakukan telur dengan cara mengguncangnya. Jika terdengar bunyi atau terasa ada yang longgar, itu menandakan telur tersebut sudah dalam kondisi kurang baik. Jadi pilih lah yang tidak ada suaranya.

6.   Keenam Rendam telur

Perlakuan Yang terakhir ini merupakan senjata pamungkas dan jarang dilakukan karena di tempat penjualan tentu tidak menyediakan air untuk merendam telur. Tetapi perlu untuk diketahui bahwa jika telur direndam dan posisi telur tidur itu menandakan telur masih segar, jika telur agak berdiri menandakan telur sudah disimpan 3-5 hari, jika tegak maka telur sudah dismpan lebih dari 10 hari, dan apabila sudah melayang bahkan sampai mengapung, maka telur itu sudah pasti dinyatakan sudah rusak.

Bagai mana sobat, terutama ibu-ibu, tidak sulit bukan. Mulai sekarang selektiflah dalam memilih telur, jangan sampai salah pilih sehingga membeli telur yang rusak. Selanjutnya bila sobat merasa ada yang perlu tambahkan ataupun mempunyai tips lain, silahkan berikan komentarnya di kotak komentar. Ini saja tips dari saya.

Demikian artikel saya buat, semoga anda selalu sehat dan masa depan anda beserta keluarga selalu cemerlang dan lancar.amin.

Selamat bertemu di artikel saya selanjutnya. terimakasih.

Wassalamuallaikum Wr.Wb......