Terdapat
tiga cara Allah menyebut manusia dalam Al-Qur’an. Ketiga sebutan itu adalah
an-nas, al-insa atau al-insan, dan al-basyar.
1. Sebutan
an-nas merujuk pada maksud manusia sebagai makhluk sosial yang hidup bersama
dengan manusia lain dalam hubungan saling membutuhkan.
2. Sebutan
al-insa atau al-insan merujuk kepada maksud manusia sebagai makhluk yang
memiliki hati nurani, akal, dan jiwa, serta emosi.
3. Sebutan
al-basyar merujuk pada maksud manusia sebagai makhluk biologis yang membutuhkan
makan,minum, dan berbagai kebutuhan biologis yang lain.
Manusia
dipanggil dengan sebutan al-insa menunjukkan panggilan Allah Swt. pada jiwa
kemanusiaan manusia yang unik dibandingkan makhluk Allah Swt. yang lain.
Manusia
berbeda dari batu, hewan, atau tanaman. Manusia memiliki akal sekaligus hati.
Manusia memiliki nafsu, emosi, sekaligus fitrah kesucian jiwa.