Jenis dan Fungsi Warna Cat Rumah Yang Nyaman Untuk Psikologis Penghuninya

bolazaman - Warna cat tembok akan memengaruhi kondisi psikologi maupun mood Anda.Setiap warna memiliki makna dan efek terhadap psikologis manusia. Begitu pun warna cat ruangan, berpengaruh terhadap kondisi psikologis dan kebahagiaan penghuni di dalamnya.

Menurut ahli fengshui Laura Benko, warna memiliki getaran yang berpengaruh terhadap lingkungan di sekitarnya.

"Warna memainkan dampak yang sangat besar dalam Feng Shui karena memiliki nada getaran tertentu yang dipengaruhi chi dan mendistribusikannya keluar ke lingkungan," kata Laura Benko.

Warna mengandung energi dan bergetar pada frekuensi tertentu. Sama seperti Anda dan rumah Anda terhubung melalui banyak tumpang tindih bidang energi, Anda terhubung ke warna di rumah Anda dengan cara yang sama.

"Pilihan warna yang benar atau salah dalam interior ruangan, dapat berdampak luar biasa terhadap keadaan pikiran Anda dan keseimbangan rasa," ucap Laura yang juga penulis buku The Holistic Home: Feng Shui Your Mind, Body, Spirit, Space.

Sebelum memutuskan mencat ruangan rumah, Anda harus menentukan fungsi ruangan tersebut terlebih dahulu. Apakah untuk ruang tidur, ruang keluarga, ruang makan, kamar bayi, dan lainnya.

Penentuan fungsi ruangan ini penting dalam membuat keputusan mengenai warna apa yang akan dipakai untuk mencat ruangan tersebut.

Jangan sampai Anda salah memberi warna karena warna akan memengaruhi kondisi psikologi maupun mood Anda.

Berikut ini, warna menurut fengshui yang cocok diterapkan untuk ruangan dalam rumah.

Merah

Merah adalah warna yang menggairahkan, dan bersemangat. Dalam feng shui, warna merah mewakili elemen api (melambangkan transformasi), kekayaan dan kemewahan, gairah, cinta, dan asmara.

Merah banyak digunakan sebagai simbol kemakmuran, ketenaran, dan hubungan cinta. Warna merah dapat digunakan di dapur, ruang makan, dan ruang tamu.

Warna ini akan merangsang seksualitas Anda sehingga cocok jika diaplikasikan di kamar tidur.

Oranye

Dalam ilmu psikologi, warna oranye sangat merangsang, aktif, ceria, dan mudah bergaul. Tensi warna orange dalam membangkitkan gairah sedikit kurang dibandingkan warna merah.

Seperti merah, oranye mewakili unsur api. Gunakan oranye untuk mendapatkan kemakmuran, dan hubungan cinta. Warna ini cocok diaplikasikan untuk dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Jika digunakan untuk kamar tidur, pastikan warna oranye yang Anda pilih lebih kalem, tidak terlalu mentereng.

Ungu

Ungu mewakili bangsawan, kemakmuran, dan martabat. Warna ini sangat menenangkan, sering dikaitkan dengan intuisi dan spiritualitas.

Ungu adalah salah satu warna feng shui terbaik untuk menyimbolkan kemakmuran. Anda dapat menggunakan ungu ringan seperti lavender untuk membangun kesan romantis di kamar tidur.

Abu-abu

Abu-abu bersifat netral, tenang, dan tidak memiliki energi. Efek psikologis abu-abu membosankan dan konservatif. Abu-abu adalah salah satu warna feng shui yang mewakili unsur logam.

Gunakan warna ini di ruangan belajar anak karena abu-abu akan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kreativitas.

Cokelat

Dalam feng shui, cokelat dikaitkan dengan dua unsur bumi dan kayu. Cokelat merupakan elemen tanah. Seperti bumi, cokelat sangat menghibur, mendukung, dan stabil.

Ini adalah warna yang indah untuk digunakan di ruangan kerja untuk membangkitkan keterampilan dan pengetahuan. Warna ini juga cantik diaplikasikan di kamar tidur atau ruang keluarga.

Kuning

Psikologi warna menegaskan bahwa kuning melambangkan semangat, hangat, merangsang, dan ekspansif. Seperti merah dan oranye dalam feng shui, kuning pun mewakili unsur api. Kuning juga simbol kemakmuran dan hubungan cinta.

Gunakan warna ini untuk dapur, ruang makan, dan ruang tamu karena sangat menggembirakan dan mendukung kehidupan sosial. Jika digunakan di kamar tidur, pilih kuning pucat.

Hijau

Efek psikologis hijau sangat menenangkan, menyeimbangkan, bersifat menyembuhkan, santai, dan tenang. Hijau menyimbolkan pertumbuhan, vitalitas, kemakmuran, dan alam.

Dalam feng shui, hijau mewakili elemen kayu. Hijau baik digunakan untuk cat dinding kamar mandi karena membawa kesan damai, ketenangan, pemurnian, hidup, dan awal yang baru. Hijau juga membawa rasa vitalitas dan kesegaran.

Biru

Dalam psikologi warna, biru bersifat menenangkan, penyembuhan, menenangkan, dan santai. Biru juga mencirikan ketergantungan, kepercayaan, dan keamanan.

Dalam feng shui, warna biru mewakili elemen air, kejelasan, inspirasi, relaksasi, pembaharuan, dan bangsawan. Seperti hijau, biru adalah salah satu warna feng shui terbaik untuk digunakan di kamar mandi. Kamar tidur juga oke, karena biru menyimbolkan ketenangan.

Hitam

Hitam berkonotasi dengan kecanggihan, kekuasaan, keanggunan, modernitas, dan misterius. Hitam mewakili elemen air. Cara terbaik menggunakan warna hitam ialah sebagai warna aksesori.

Putih

Menurut psikologi warna, putih mewakili kejelasan, tidak bersalah, kebersihan, spiritualitas, kemurnian, harapan, ekspansif, dan keterbukaan. Dalam feng shui, putih mewakili unsur logam.

Oleh karena itu, putih adalah warna yang indah untuk digunakan dalam kreativitas dan kamar anak. Putih adalah simbol kesucian dan kebersihan, sehingga warna ini baik juga digunakan pada dinding kamar mandi.

Pink

Pink membawa aura ketenangan dan menenangkan. Warna ini juga melambangkan cinta dan asmara. Seperti warna merah di feng shui, pink mewakili cinta dan asmara.

Warna pink sangat ideal untuk ruangan yang membangun hubungan atau cinta, seperti kamar tidur. Ruangan lain seperti ruang keluarga pun cocok diaplikasikan warna ini.