Pengarahan Dalam Suatu Organisasi

Bolazaman - Memiliki ciri bentuk yang berbeda satu organisasi dengan lainnya. Perbedaan ditentukan oleh gaya kepemimpinan, pola pengembangan teori kepemimpinannya.

Pengaraham meliputi organisasi instruksi, motivasi, teknik menyampaikan komunikasi tujuan organisasi kepaeda staf agar menjalankan tugasnya dengan baik.

(a).Asumsinya teori X (berpikir negatif) mencakup Pola perintah, pengawasan, dan menghindari tanggung jawab, serta mementingkan jaminan keamanan.

(b).Asumsinya teori Y (berpikir positif) mencakup Adanya pengerahan tenaga fisik dan mental untuk bekerja pada hakikatnya sama dengan bermain dan istirahat, Pengawasan da ancaman bukan satu-satunya cara untuk mencapai tujuan organisasi,

Menyetujui tujuan merupakan bagian yang erat hubungannya dengan kebutuhan mencapai penghargaan atas prestasinya, Orang bersedia menerima tanggung jawab dan mencari kondisi yang cocok untuk bekerja, Orang mempunyai kemampuan berimajinasi, kecerdasan, dan kreativitas memecahkan masalah, Potensi intelektual orang baru sebagian yang digunakan.