Bojonegoro Pusatnya Batu Marmer

Bolazaman - Batu marmer merupakan batuan metamorf yang memiliki variasi warna maupun teksturnya. Batu marmer terjadi dari pengkristalan akibat melunaknya batu kapur dari panas dan tekanan yang menyebabkan perubahan mineral dalam batu tersebut. Konsistensi utama dari batu marmer adalah kalsium dan dolomit.

Banyak kita temui di beberapa daerah yang ada di indonesia, terutama bojonegoro, desa jari. Tulungagung, pacitan.

Tapi lama kelamaan semakin punah dan habis karena banyak yang mengelolanya, tapi untuk saat ini di wilyah bojonegoro desa jari masih banyak.

Batu marmer terdiri dari berbagai macam warna, tergantung pada komposisi mineral di dalamnya. Marmer yang terbentuk dari batu gamping murni atau yang disebut sebagai marmer asli  berwarna putih. Besi oksida kotoran di batu kapur akan menghasilkan batu marmer warna kuning, oranye, merah muda atau warna merah.

Mineral lempung dapat menghasilkan batu marmer warna abu-abu yang sering terjadi di band setelah stratifikasi komposisi dari batu kapur yang asli. Bahan bitumen berlimpah dapat menghasilkan warna abu-abu gelap dengan marmer hitam. Marmer bertekstur  ular sering memiliki warna hijau.

Industri batu alam marmer saat ini telah berkembang sangat cepat. Kegunaan dari batu ini sangat bermacam-macam, mulai dari sebagai bahan pembuatan perabot rumah tangga, konstruksi bangunan, bahan baku pembuatan patung, maupun berbagai jenis piala.