Cara Gaya Kepemimpinan Dalam Organisasi

Bolazaman - Gaya kepemimpinan pada dasarnya menjadi ciri bentuk organisasinya. Perangai dan tingkah laku pimpinan dapat mempengaruhi sistem dan cara pengambilan kebijakan yang diorganisasikannya.

(a)  Otokratis, memusatkan penguasaan dan pengambilan keputusan dari pimpinan. Pimpinan yang memiliki ciri demikian cenderung menggunakan asumsi negatif berpikir.

(b) Partisipasif, gaya kepemimpinan seperti ini melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan. Pimpinan demikian cenderung berpandangan teori Y.


(c)  Demokratis, gaya kepemimpinan menyerahkan keputusan kepada kelompok. Gaya kepemimpinan yang terbaik dikembangkan pada pola ini. Pertimbangan menyangkut iklim organisasi, kelompok, sifat pekerjaan, faktor lingkungan menjadi kendali mutu dalam mencapai tujuan organisasi.

Kepemimpinan otokratis dipakai bila kelompok yang dihadapi memerlukan tindakan cepat dan tegas.

Pertimbangan tentang kepribadian pemimpin, iklim dan kebijakan organisasi, dan pengalaman karakter harapan dan tingkah laku atasan, karakter dan tingkah laku bawahan, sifat pekerjaan dan harapan dan tingkah laku rekan sejawat menjadi pertimbangan.

MotivasiI

Kebutuhan yang mendorong untuk melakukan sesuatu yang pada ujungnya menyebabkan orang bertingkah lakuk tertentu dalam mencakai tujuan, Pengaruh karakteristik individu, pekerjaan, sistem, dan kondisi organisasi untuk dihayati secara benar-benar.