Penjelasan dan Bukti Bahwa PSHT Adalah Organisasi Pencak Silat Tertua Didunia

Bolazaman - Sejarahnya sudah jelas, berikut ini adalah cuplikan singkat tentang sejarah perubahan PSHT dari perguruan menjadi organisasi. Tiga tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan yaitu tahun 1948 SH Terate.

Atas prakarsa Soetomo Mangku Negoro, Darsono, serta saudara seperguruan lainnya diadakan konferensi di Pilangbangau (di rumah Alm Ki Hadjar Hardjo Oetomo).

Dari konferensi itu lahirlah ide-ide yang cukup bagus, yakni SH Terate yang semenjak berdirinya berstatus “Perguruan Pencak Silat” dirubah menjadi organisasi “Persaudaraan Setia Hati Terate”.

Selanjutnya Soetomo Mangkudjajo diangkat menjadi ketuanya dan Darsono menjadi wakil ketua. (cuplikan dari situs resmi sh terate madiun)

Ada beberapa alasan mengapa PSHT disebut sebagai organisasi pencak silat tertua di dunia. berikut alasannya :

1. Tahun yang sama dengan berdirinya IPSI

Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) merupakan organisasi wadah seluruh perguruan pencak silat yang ada di Indonesia. IPSI berdiri pada tahun 1948, beberapa pelopor berdirinya IPSI berasal dari PSHT.

Seperti yang dijelaskan di dalam situs resmi PERSILAT menyatakan bahwa IPSI merupakan organisasi pencak silat tertua di dunia. Pada tahun yang sama pula SH Terate merubah diri dari perguruan menjadi organisasi, dengan demikian SH Terate bisa dikatakan sebagai organisasi silat tertua didunia.

Mengapa bukan IPSI menjadi yang tertua?

Karena IPSI adalah bentukan pemerintah tidak berlatar belakang perguruan sementara SH Terate awalnya adalah perguruan.

2. Tidak cukup bukti bagi perguruan lain yang menggunakan istilah “organisasi”

Banyak perguruan silat yang menggunakan istilah organisasi pada namanya, seperti contoh SHO (Setia Hati Organisasi), PO (Pencak Organisasi).

Meskipun banyak perguruan lain yang menggunakan nama organisasi tetapi belum sepenuhnya menerapkan kaidah-kaidah keorganisasian.

Di perguruan silat Setia Hati Organisasi penerapan organisasi baru dilakukan tahun 50-an. Sementara perguruan PO tidak dijelaskan kapan dimulainya sistem organisasi dan tidak dijelaskan pula siapa saja yang pernah menjabat sebagai ketuanya.

Sudah saatnya kita sebagai generasi penerus dan melebarkan sayap dan mengembangkan ilmu SH Terate hingga ke pelosok dunia.

Demikian sedikit argumen dari kami, kalau ada salah mohon dikoreksi. Salam dari kami PSHT Jawa Timur.

Sumber : pshtcandipuro